5 Teknik Konseling Keluarga

Keluarga memang merupakan sistem sosial yang unik dengan struktur yang dirancang sendiri dan pola komunikasi yang berbeda. Pola-pola ini dipastikan oleh berbagai aspek termasuk nilai-nilai orang tua, kepribadian semua anggota keluarga dan pengaruh keluarga besar. Selama periode waktu tertentu, orang-orang dalam jumlah besar telah memilih untuk konseling keluarga yang sering dipandang sebagai salah satu pilihan paling berguna bagi keluarga yang mengalami fase kasar.

Tujuan utama setiap keluarga adalah Memasak Bersama Seluruh Keluarga berfungsi secara harmonis sebagai satu kesatuan. Jika unit keluarga Anda telah menghadapi beberapa masalah pribadi, kesulitan atau kesulitan sejak lama, ini adalah teknik konseling keluarga yang harus Anda ikuti:

  1. Foto Keluarga: Foto dari berbagai acara pertemuan keluarga sudah cukup untuk memberikan gambaran yang adil tentang keadaan keluarga saat ini. Metode ini memerlukan meminta salah satu anggota keluarga untuk memilih gambar favorit dari album dan mendiskusikan kenangan indah yang terkait dengan gambar.
  2. Bangunan Komunikasi: Proses dan pola komunikasi adalah alasan utama yang memengaruhi komunikasi keluarga. Konselor berpengalaman menggunakan beragam teknik yang menekankan pada pembangunan komunikasi yang efektif di antara keluarga.
  3. Genogram: Genogram adalah karya gambar dan simbol yang menceritakan banyak paket family gathering jakarta tentang sejarah keluarga. Ini sebenarnya bertindak seperti alat informatif untuk konselor. Perincian yang diperlukan seperti nama, tanggal pernikahan, perceraian, kematian dan hal-hal penting lainnya termasuk dalam Genogram.
  4. Membingkai ulang: Konselor keluarga menggunakan teknik ini untuk memahami masalah-masalah dasar keluarga dan menawarkan perspektif yang berbeda sehingga masalah dapat diselesaikan pada waktu yang tepat. Misalnya, pertanyaan seorang ayah tentang kedekatan putrinya dengan anak laki-laki dapat dianggap sebagai keprihatinan ayah yang pengasih dan di sini, kesenjangan generasi melahirkan kesalahpahaman.
  5. Kursi Kosong: Teknik ini banyak digunakan oleh konselor yang menangani masalah pasangan. Di sini, anggota keluarga akan melakukan permainan peran anggota lain dan melakukan dialog. Setelah tindakan, ekspresi kepada keluarga yang tidak hadir, orang tua dan anak-anak dapat dikumpulkan dengan menggunakan teknik konseling ini.

Semua ahli konseling keluarga berbeda dalam keterampilan, keahlian dan pengetahuan mereka. Mereka dapat menyesuaikan teknik mereka sesuai dengan keyakinan dan pelatihan mereka. Jadi, ketika memilih seorang konselor, periksa keterampilan mereka dan jika Anda seorang yang religius, Anda mungkin ingin merekrut konselor yang memiliki nilai yang sama dengan yang Anda miliki. Dengan pola pikir yang benar dan konselor yang andal, konseling dapat menjadi sumber yang bagus untuk keluarga mana pun.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*