Konseling Kecanduan Narkoba

Konseling kecanduan adalah bidang spesialis yang menggunakan metodologi yang diambil dari beberapa disiplin klinis. Ini dipraktikkan di seluruh dunia oleh konsultan perawatan kecanduan dengan berbagai kualifikasi profesional tetapi umumnya mengikuti metodologi serupa.

Tingkat keberhasilan setiap terapi kecanduan bervariasi tergantung pada keterampilan konselor dan motivasi yang digunakan pasien untuk menjalani perawatan.

Sering diasumsikan Psikologi Sebagai Panggilan bahwa kecuali pasien sangat termotivasi dan ‘siap’ untuk mengubah pengobatan itu akan membuang-buang waktu. Faktanya, penting untuk menyadari bahwa kecanduan adalah penyakit otak dan sebagian dari penyakit itu percaya bahwa pasien percaya tidak ada yang salah dengan mereka.

Kebanyakan orang yang kecanduan menemukan cara luar biasa untuk merasionalisasi dan membenarkan penggunaan narkoba mereka yang terus-menerus: stres di tempat kerja, kesulitan hubungan, alasan yang bagus karena setiap kali Anda menantang mereka tentang penggunaan narkoba, mereka dapat menggunakan acara yang membuat stres itu untuk membenarkan lebih banyak penggunaan narkoba! Orang yang kecanduan akan menemukan alasan Jasa Konseling untuk terus menggunakan.

Orang yang menjadi kecanduan narkoba atau alkohol sering menjadi sangat manipulatif, mempermainkan anggota keluarga satu sama lain menggunakan teknik yang dikenal sebagai ‘pemisahan’. Bentuk pengalihan ini berguna untuk mengalihkan perhatian dari kecanduan narkoba.

Konselor kecanduan narkoba yang berkualitas akan dapat mengidentifikasi cara pasien terus menggunakan teknik yang tidak sehat untuk melindungi penggunaan obat mereka dan membantu pasien dan keluarga untuk menemukan cara baru yang lebih sehat untuk mengatasinya.

Konseling kecanduan narkoba telah meningkat secara signifikan sejak pertama kali dipahami sebagai bidang spesialis. Sampai pertengahan abad terakhir, para pecandu distigmatisasi sedemikian parah sehingga tidak ada fasilitas untuk merawat mereka. Sebaliknya mereka dipindahkan ke bangsal psikiatri di mana mereka tidak menerima bantuan khusus dengan kecanduan mereka atau masalah mendasar.

Untungnya pengembangan program 12 langkah mendorong profesi medis untuk mulai mengeksplorasi kembali metodologi perawatan lebih lanjut. Ketika disajikan dengan program sederhana yang efektif dalam membantu bahkan pecandu yang paling putus asa, dokter mulai menyadari bahwa terapi kecanduan bisa efektif dan bahwa ada sangat sedikit orang yang tidak dapat pulih.

Selama beberapa dekade para peneliti yang menyelidiki konseling telah mencoba berbagai pendekatan dan melihat bagaimana hasil pengobatan dipengaruhi. Ini mengarah pada ide pengobatan “berbasis hasil” yang hanya menggunakan metode yang telah terbukti memiliki hasil yang sangat baik. Sekarang tidak jarang bagi pasien untuk tetap bersih dan sadar selama seorang peneliti tetap berhubungan dengan mereka – asalkan mereka bersedia untuk mematuhi prinsip-prinsip rezim perawatan.

Kecanduan adalah penyakit multi-sisi yang berdampak pada semua bidang kehidupan pasien. Tidak ada yang tersentuh – hubungan, pekerjaan, keuangan, hukum dan area kehidupan spiritual semuanya dipengaruhi secara negatif. Oleh karena itu, konseling kecanduan adalah bidang yang kompleks dan membutuhkan pelatihan spesialis untuk dapat mengurai berbagai masalah ini dan secara efektif menangani setiap bidang kehidupan.

Banyak pecandu dalam perawatan menjadi termotivasi untuk memasuki karir konseling. Apakah mereka tertarik oleh prospek membantu pecandu atau alasan lain, keputusan ini tidak boleh dianggap enteng. Pertama-tama mereka harus berdiskusi dengan penasihat kecanduan mereka sendiri dan sponsor 12 langkah mereka sebelum memulai jalur ini. Mungkin sangat sulit untuk menjalankan program pemulihan Anda sendiri dan mempertahankan profesionalisme yang diperlukan untuk menjadi efektif dalam konseling kecanduan.

Oleh karena itu sangat disarankan agar orang itu bersih dan sadar untuk waktu yang signifikan sebelum memasuki ladang. Ini memastikan bahwa pemulihan mereka sendiri cukup kuat dan bahwa mereka sendiri telah memiliki kesempatan untuk mengalami pemulihan dari kecanduan dalam semua kepenuhan, baik dan buruknya.

Pelatihan akademik penting untuk konselor kecanduan narkoba. Mereka harus dapat memahami prinsip-prinsip diagnosis ganda – di mana seorang pasien dapat memiliki diagnosis psikologis tambahan serta diagnosis kecanduan. Konseling mengacu pada teori dari beberapa disiplin ilmu dan penting bahwa konselor memahami teori-teori dasar agar dapat mengintegrasikannya ke dalam pendekatan modern untuk perawatan kecanduan. Pelatihan akademik semacam itu biasanya dimulai dengan gelar dalam Psikologi atau pelatihan umum serupa. Setelah ini, konselor harus menyelesaikan magang yang diawasi yang menempatkan teori akademik dalam praktik.

Setelah masa magang di bawah pengawasan konselor yang berpengalaman, peserta pelatihan dapat dipromosikan ke posisi di mana ia dapat mulai mengambil beban kasus mereka sendiri. Pengawasan merupakan persyaratan etis yang diperlukan dan harus terus berlanjut sepanjang karir konseling kecanduan narkoba yang profesional.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*