Langkah Demi Langkah untuk memblokir dan mengarahkan ulang situs

Filtrasi

Dengan menggunakan proxy Web, Anda dapat membatasi akses ke konten tertentu yang diminta oleh klien. Anda dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, pengalihan ke situs lain, atau pembatasan pada metode akses HTTP. Anda tidak dapat melakukan ini jika Anda hanya menggunakan NAT.

Berbagi koneksi

Proxy Web meningkatkan tingkat keamanan jaringan, karena komputer pengguna tidak secara langsung terkait dengan server Web di Internet.

Jika Anda sudah mengerti apa itu proxy, latihlah.

Pertama, aktifkan layanan dari proxy Web di MikroTik terlebih dahulu dengan mengatur pad menu IP -> Proxy Web.

Pilih opsi Enable dan tentukan port tempat proxy bekerja. Secara default, proksi Web akan berfungsi pada port 8080.

Anda dapat mengganti administrator cache dengan pesan email berdasarkan preferensi Anda sebagai administrator.

Ukuran cache maksimum menentukan jumlah memori yang dialokasikan untuk penyimpanan cache proxy. Isi sesuai kebutuhan atau Anda dapat memilih tidak terbatas.

Periksa opsi Cache pada disk sehingga penyimpanan dilakukan pada hard disk MikroTik dan bukan pada RAM, karena hard disk Mikrotik biasanya memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada RAM.

Hingga saat ini, proxy Web pada router Mikrotik sudah aktif sebagai proxy HTTP normal. Dengan kata lain, jika klien PC ingin menggunakan layanan proxy ini, harus ditetapkan secara manual di browser web setiap klien yang menunjuk ke port 8080 dari ip-mikrotik.

Untuk menghindari mengatur browser web klien satu per satu, ubah proxy Web Mikrotik agar berfungsi sebagai proxy transparan. Implementasinya menggunakan fungsi NAT untuk mengalihkan semua lalu lintas penelusuran HTTP (tcp 80) dari klien ke fungsi proxy Web internal yang telah diaktifkan sebelumnya.

Untuk melakukan ini masuk ke menu IP-> Firewall-> NAT-> Klik Add (+).

Juga, karena semua lalu lintas HTTP dari klien telah memasuki proxy Web, manajemen dapat melakukannya. Salah satunya adalah memblokir akses klien ke situs web tertentu.

Blokir situs web

Untuk memblokir akses klien ke situs web tertentu, Anda dapat menjalankan WebProxy -> menu Login

Tentukan situs web yang akan diblokir dalam parameter host pertama dengan action = deny.

Jika Anda memperhatikan, penulisan dst-host tidak menggunakan alamat lengkap situs web tetapi menggunakan tanda bintang () di depan dan di belakang nama / alamat situs web. Tanda-tanda dimaksudkan sebagai kartu liar untuk mengganti semua karakter. Dengan penambahan wildcard, lalu lintas klien pergi ke situs web di mana URL memiliki kata ahmadsuryadi “akan diblokir.

Coba jelajahi alamat tersebut, maka MikroTik Web-Proxy akan secara otomatis memblokir situs web dan menampilkan pesan kesalahan pada klien browser.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*